Asuransi

Kata asuransi memang sudah sangat lumrah didengar ditelinga kita, ada banyak jenis asuransi mulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan, sampai dengan asuransi hari tua.
Namun sayangnya masih banyak warga yang masih kurang mengerti apa dan bagaimana konsep asuranasi itu sebenarnya, bahkan banyak juga warga yang mengeluh dan merasa dirugikan karena kurang mengerti dengan konsep asuransi.

Agar lebih detil, dalam artikel ini akan kami bahas tentang asuranasi jiwa saja, karena asuransi ini merupakan jenis asuransi yang paling banyak peminatnya dan paling banyak juga digunakan warga Indonesia. Hal ini bisa dipandang positif karena banyaknya warga Indonesia yang menggunakan asuransi jenis ini menunjukkan kesadaran warga akan keselamatan dan kepentingan kelurganya sudah baik.

Asuransi jiwa adalah sebuah layanan asuransi yang digunakan sebagai bentuk perlindungan terhadap timbulnya kerugian financial atau hilangnya pendapatan seseorang atau keluarga akibat adanya kematian anggota keluarga (yang tertanggung) yang biasanya menjadi sumber nefkah bagi keluarga tersebut.

Memakai atau membeli asuransi jiwa sama halnya dengan mengantisipasi kekurangan financial bagi keluarga yang ditinggal, karena kehilangan sumber pendapatan dari keluarga yang meninggal. Memakai atau membeli asuranasi jiwa juga bisa menjamin kelangsungan hidup keluarga, pendidikan anak, kesehatan dan kelayakan hidup keluarga yang ditinggalkan.

Memiliki asuransi jiwa mempunyai banyak manfaat, diantaranya adalah :


1. Menabung
Asuransi juga bisa Anda gunakan sebagai bentuk tabungan dan antisipasi bagi hal buruk yang bisa saja datang sewaktu-waktu menimpa diri Anda dan keluarga.


2. Menjamin Pendidikan Anak
Hal ini akan sangat membantu jika ternyata Anda telah memiliki tanggungan (anak) yang masih menempuh pendidikan, terutama mereka yang dalam usia kanak-kanak, di mana jalur tempuh pendidikan yang harus mereka jalani masih sangat jauh dan membutuhkan banyak biaya untuk melanjutkannya.

3. Menentramkan Pikiran
Sebagaimana disebutkan di atas, bahwa kehilangan akibat kematian tidak hanya akan meninggalkan duka saja bagi keluarga yang ditinggalkan, namun hal tersebut juga bisa membawa dampak yang sangat buruk di dalam keuangan keluarga tersebut akibat hilangnya penghasilan. Risiko ini tentu bisa dihindari dengan membeli polis asuransi, di mana kehidupan keluarga masih bisa tetap berjalan dan keuangan pasca menghadapi kematian anggota keluarga masih dalam kondisi yang aman.

Asuransi jiwa memiliki macam-macam jenis produk, yang dimana masing-masing jenis produk itu memiliki manfaat yang berbeda-beda. berbgai jenis produk asuransi jiwa ini bertujuan untuk melayani macam-macam kebutuhan, kemampuan, dan daya beli masyarakat.

Asuransi Jiwa Berjangka (Term) adalah suatu kebijakan yang paling sederhana dan yang paling murah. Polis ini biasanya diambil untuk jangka waktu tertentu, misalnya antara 10, 20 atau 30 tahun. Tujuannya yaitu untuk menyediakan kebutuhan temporer, misalnya seperti pendidikan anak, rumah, pembayaran hipotek, dan sebagainya. Jenis-jenis dari produk ini cocok untuk kamu yang memiliki kebutuhan untuk biaya asuransi yang besar, akan tetapi hanya mempunyai daya beli yang terbatas.

Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life) adalah satu jenis dasar Asuransi Jiwa Permanen yang memberikan proteksi asuransi seumur hidup untuk seseorang. Kalau kamu ingin manfaat yang lebih dari sekedar santunan kematian, ataupun kamu yang menyukai ide tabungan jangka panjang. Kalau kamu menginginkan proteksi jiwa sekaligus memilikii tabungan untuk kebutuhan darurat, misalnya seperti biaya tagihan rumah sakit. Ataupun, kalau kamu ingin mendapatkan pertumbuhan modal investasi, kamu dapat mempertimbangkan membeli polis asuransi ini. Akan tetapi bersiaplah untuk membayar premi yang lebih tinggi, dari pada Asuransi Jiwa Berjangka.

Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment) adalah suatu jenis dari asuransi jiwa yang memberikan 2 keuntungan sekaligus. Manfaatnya yang pertama berupa penerimaan sejumlah uang pertanggungan kalau tertanggung meninggal dunia/mati, dalam periode waktu tertentu sesuai dengan kebijakan polis asuransi yang kamu dibeli. Yang kedua, kalau tertanggung masih hidup saat jangka waktu berakhir, tertanggung akan mendapatkan semua uang pertanggungan.

Sebelum kamu membeli polis asuransi jiwa, maka kamu disarankan supaya mencari informasi yang lebih atau yang sebanyak-banyaknya pada beberapa perusahaan asuransi, lalu kamu membandingkan proteksi yang diberikan dengan premi yang harus dibayar. Juga perlu dipertimbangkan, berapa banyak anggota keluarga yang menjadi tanggungan kamu, dan inventarisir kebutuhan pendidikan yang dibutuhkan untuk anak kamu.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama