Dokter Spesialis
Gambar Ilustrasi : Dokter
Gastroenterologi adalah spesialis ilmu yang mempelajari penyakit terhadap saluran pencernaan yang meliputi gangguan pada usus, lambung, pankreas, hati, rektum, hingga empedu. Untuk menjadi dokter spesialis gastroenterologi, seorang dokter umum diharuskan menjalani pendidikan spesialis ilmu penyakit dalam dan harus mendalami bidang kesehatan pencernaan pada subspesialis gastroenterohepatologi (KGEH) dengan durasi pendidikan yang biasanya ditempuh dalam waktu 5-6 tahun. Maka, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Gastroenterologi Hepatologi di Tangerang Selatan adalah dokter-dokter yang berpengalaman.

Umumnya dokter spesialis gastroenterologi akan menangani gangguan pada kesehatan yang berhubungan dengan sistem pencernaan makanan, penyerapan nutrisi-nutrisi, serta pengeluaran sisa-sisa pencernaan dari dalam tubuh. lebih spesifikanya, beberapa kondisi yang akan ditangani oleh dokter spesialis gastroenterologi, yaitu:
Tukak lambung.
Penyakit ini terjadi ketika terjadi luka pada dinding-dinding lambung akibat adanya pengikisan lapisan dinding lambung. Umumnya ditandai dengan nyeri lambung yang hebat yang akan terasa di area ulu hati.
Penyakit asam lambung.
Kondisi asam lambung tinggi ditandai dengan adanya nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada yang disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju kerongkongan (esofagus).
Irritable bowel syndrome.
Irritable bowel syndrome masuk dalam gangguan jangka panjang pada sistem pencernaan yang biasanya menyerang usus besar dengan gejala yang timbul berupa perut kembung, mual, serta diare.
Hepatitis.
Kondisi hepatitis dimana organ hati atau liver akan terjadi peradangan dan bila keadaan seperti ini terus berlanjut maka akan menimbulkan kerusakan pada liver. Umumnya ditandai dengan tubuh yang akan tampak menguning yang disertai demam, muntah serta mual, perut yang terasa begah (penuh). Penyebab utama dari penyakit ini adalah infeksi virus.
Kanker atau tumor saluran pencernaan.
Dokter spesialis gastroenterologi pun juga menangani berbagai macam penyakit jenis tumor dan kanker di organ-organ pencernaan, seperti usus besar, lambung, pankreas, anus, kandung kemih, dan organ-organ pencernaan lainnya.

Gangguan pada organ pencernaan dapat terjadi pada siapapun, namun biasanya orang-orang dengan usia 50 tahun keatas akan lebih rentan terkena penyakit ini. Sebagai langkah antisipasi, berikut gejala-gejala awal yang mungkin muncul sebagai peringatan awal tentang rusaknya salah satu organ pencernaan kita, yaitu:

Sering merasakan sakit yang hebat pada perut atau ulu hati.
Sakit maag yang selalu berulang dan tidak kunjung sembuh.
Muntah serta buang air besar yang mengeluarkan darah tanpa sebab atau alasan yang pasti.
Kesulitan menelan makanan tanpa adanya alasan yang jelas. Warna kulit serta putih pada warna perlahan berubah warna menjadi kuning yang disertai demam serta rasa begah pada ulu hati.
Tubuh jadi mudah lelah, nafsu makan menurun drastis, serta berat badan juga turun drastis.

Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, segera hubungi dokter spesialis gastroenterologi. Khususnya Anda yang ada di wilayah Tangerang Selatan, di bawah ini adalah Dokter Spesialis Penyakit Dalam Gastroenterologi Hepatologi di Tangerang Selatan, yaitu:

dr. Indra Wijaya, M.Kes., Sp.PD.
Lokasi praktik : Rumah Sakit Eka BSD Tangerang, Serpong, Tangerang Selatan.
Jam praktik : Senin, Rabu, Jumat 17.00-20.00. Sabtu 15.00-19.00.

dr. Ratna Juliawati Soewardi, Sp.PD-KGH.
Lokasi praktik : Rumah Sakit Eka BSD Tangerang, Serpong, Tangerang Selatan.
Jam praktik : Senin, Kamis 13.00-20.30. Selasa, Rabu 15.00-20.30. Jumat 13.00-16.30. Sabtu 08.00-12.30.

dr. Ohmar Rene Setiawan, Sp.PD.
Lokasi praktik : Rumah Sakit Omni - Alam Sutra.
Jam praktik : Senin, Kamis, Jumat 10.00-15.00. Selasa, Rabu 13.00-17.00. Sabtu 13.00-15.00.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama