Intel Pentium Gold

Saat ini, hiburan komputer berkembang luar biasa. Dunia gaming PC misalnya, sudah semakin digandrungi banyak orang terutama kalian generasi milenial. Bahkan dengan hadirnya E-Sport (Electronic Sport), bermain game tidak hanya sebagai hiburan semata, tapi sudah menjadi profesi atau pekerjaan yang dapat menghasilkan profit tinggi.

Di tahun 2018 saja ada begitu banyak game PC yang sangat populer diantaranya Fortnite: Battle Royale, PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS (PUBG), League of Legends, Grand Theft Auto (GTA) V, Dota 2, Overwatch, Counter-Strike: Global Offensive, dan lain-lain. Tentunya, tahun 2019 nanti akan muncul game-game PC baru dengan gameplay yang lebih unik dan lebih menarik.

Agar dapat memainkan game-game di atas dengan nyaman dan menyenangkan, kalian membutuhkan gaming gear atau komputer gaming dengan spesifikasi yang memadai. Apalagi game-game modern punya kebutuhan sistem (system requirement) yang mungkin hanya dapat dijangkau oleh komputer kelas mid-end hingga high-end. Hal ini bertujuan agar pengguna mendapatkan pengalaman bermain game yang asyik dan seru.

Namun tidak semua orang bisa membangun PC gaming dengan spek yang tinggi, ada juga yang hanya bisa membangun dengan spek yang pas-pasan.

Menjawab kenyataan itu, baru-baru tadi Intel mengeluarkan seri terbarunya yang diberi nama Intel Pentium Gold G5400. Prosesor intel generasi ke-8 ini bisa menjadi pilihan lain jika ingin membangun sebuah PC gaming dengan budget pas-pasan pasalnya prosessor dual core ini bisa memberikan kinerja yang hebat namun dengan harga yang sangat terjangkau.

Intel Pentium Gold G5400 hadir dengan kekuatan dual core dan membawa 4 thread. Pilihan ini siap menyajikan base clockspeed hingga 3.8Ghz dengan total cache sebesar 4MB. Dukungan memori yang disajikan pada prosesor ini kini sedikit lebih tinggi hingga DDR4-2400Mhz, dimana ia juga siap menghadirkan maksimum kekuatan memori hingga 64GB plus siap disajikan dengan memori dual Channel. Dan untuk memberikan nilai yang jauh lebih sempurna, kehadiran iGPU bisa menjadi pilihan yang cukup solid, yakni Intel HD 610 dengan maksimum clockspeed hingga 1.05Ghz.

Untuk urusan gaming, secara umum ia masih memberikan performa yang sangat layak untuk gaming 1080p. Tentu saja, hal terbaik untuk bisa memompa kinerja gaming adalah memasangkan Dedicated GPU yang tepat. Secara keseluruhan, Intel Pentium Gold G5400  bisa memberikan nilai FPS yang layak, namun kekuatan iGPU 610 yang melekat pada prosesor ini tidaklah terlalu berarti untuk level gaming.

Untuk urusan konsumsi daya, prosesor Intel bisa menjadi yang terbaik dalam hal ini. Bahkan, ia bisa menyajikan performa yang menawan dengan nilai konsumsi daya yang cukup kecil hanya sekitar 56W.

Seri ini hadir dengan kisaran harga sekitar 1 jutaan (lebih sedikit), dimana ini bisa menjadi ide yang baik sebagai pilihan prosesor utama untuk gaming rig entry level jika memiliki anggaran ketat dan tidak memiliki uang tambahan lainnya terlebih lagi Pentium G5400 bisa jauh lebih baik untuk kekuatan gaming dengan performa single-core yang menawan.

Namun jika kamu memiliki dana yang lebih tampaknya dua seri Pentium gold lainnya bisa kamu pertimbangkan juga. Pentium Gold G5500 dan G5900 juga merupakan prosesor dual core, tetapi kedua prosesor ini memiliki kemampuan hyperthreading. Kedua prosesor tidak memiliki Turbo. G5500 datang dengan kecepatan 3.8 GHz dan G5600 memiliki kecepatan 3.9 GHz. Kedua prosesor memiliki TDP yang sama dengan prosesor Celeron yaitu 54 Watt.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama