Resep Bakso Daging

Bakso, Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini? makanan yang sangat banyak penggemarnya, atau bahkan kalian salah satu orang penikmat bakso? Makanan khas Indonesia yang satu ini memang memilki rasa yang sangat nikmat. Kalian pasti pernah dong mendengar desas-desus penggunaan boraks pada bakso, atau penggunaan daging tikus pada bakso itu sangat menjijikan bukan. kalian pasti pernah merasakan was-was saat akan membeli bakso disuatu tempat, jika kalian merupakan penggemar bakso, kalian bisa loh membuat bakso sendiri dirumah. Dengan membuat bakso sendiri dirumah kalian bisa menjamin kesehatan dan juga kualitas dari bahan yang digunakan untuk membuat bakso tersebut. selain itu jika kalian membuatnya sendiri dirumah kalian juga bisa membuatnya sesuai dengan selera kalian. 

Kalian juga pasti sudah tahu dong kalo bakso itu memiliki banyak varian sekarang, ada bakso yang berisi telur, berisikan keju, berisikan sosis, berisikan cabai. Bakso-bakso dengan varian pun bisa kalian buat sendiri loh dirumah. Memasak bakso sama halnya seperti memasak masakan yang lain dirumah, tidak terlalu sulit. Pada artikel kali ini kami akan memberikan resep bakso daging sapi dengan beberapa varian isian yang pastinya rasanya tidak kalah nikmat dengan bakso yang kalian sering beli, dan pastinya bakso yang dibuat sendiri akan lebih sehat.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan. Bahan yang diperlukan yaitu daging sapi sebanyak 

- 1 kilogram daging sapi
- 100 gram sagu atau bisa diganti dengan tepung tapioka
- 8  siung bawang putih
- 5 siung bawang merah
- 1 sendok teh lada yang sudah dihaluskan
- 4 sendok teh garam
- Air secukupknya
- Es batu yang sudah dihancurkan
- Keju 
- Sosis
- Cabai rawit

Cara membuat:

1. Pertama haluskan bahan-bahan yang perlu dihaluskan:
- Haluskan daging menggunakan penggiling, daging harus halus sampai bentuknya seperti baska.
- Haluskan bawang putih hingga halus
- Haluskan bawang merah hingga halus

2. Potong-potong isian keju, sosis dan cabai rawit

3. Kemudian campurkan bahan bahan
- 1 kilogram Daging yang sudah dihaluskan
- 100 gram sagu atau tepung tapioka
- Bawang putih yang sudah dihaluskan
- Bawang merah yang sudah dihaluskan
- Lada
- Garam

Setelah dicampurkan kalian bisa mengaduknya menggunakan tangan sampai adonan teracmpur secara merata. Jika adonan masih belum cukup kental untuk dibentik, kalian bisa menambahkan sedikit sagu ataupun es batu yang sudah dihancurkan sampai konsistensinya sempurna dan bisa di bentuk

4. Bentuk bakso sesuai keinginan kalian, kalian bisa membuat bentuk bakso berbeda-beda sesuai dengan varian yang akan kalian buat. Misalnya bentuk bulat untuk bakso tanpa isian, bentuk hati untuk bakso berisikan sosis, bentuk lonjong untuk bakso yang berisian keju dan bentuk gepeng untuk bakso yang berisikan cabai rawit. 

5. Saat kalian membentuk bakso jangan lupa untuk memasukan isian tersebut didalam bakso. 

6. Selanjutnya kalian bisa menyiapkan panci berisikan air dan kemudian dipanaskan.

7. Saat air sudah mendidih kalian bisa memasukan bakso-bakso tersebut, dan tunggu

8. Jika bakso sudah mengapung maka bakso sudah matang dan siap untuk diangkat
Bakso-bakso tersebut bisa disajikan dengan cara memberinya kuah, atau kalian bisa berkreasi seperti membuat bumbu balado. Bagaimana? Mudah bukan membuat bakso sendiri dirumah. Semoga resep bakso daging sapi bermacam varian isian ini akan sangat bermanfaat untuk kalian!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama